Jadikan Allah Tempat Bergantung

Jadikan Allah Tempat Bergantung

DELIK HUKUM
Rabu, 22 Maret 2023



foto: Khondoy Soja


MEDIA DELIK HUKUM.COM - Pada dasarnya manusia punya sesuatu yang ia pendam sendiri atau hanya diketahui orang-orang terdekatnya. Seperti apa saja yang ia lakukan ketika sendirian, bagaimana caranya mengatasi permasalahan, dan kepada apa atau siapa ia menyandarkan dan mengatasi masalah hidupnya.

Boleh jadi seseorang menampilkan hal-hal yang baik saja dari dirinya, akan tetapi menyembunyikan keburukan atau ketergantungan negatif akan sesuatu dari orang lain. Yang mana hal itu bisa menggambarkan jati diri sesungguhnya dari orang tersebut. Keadaan dirinya yang menunjukkan apakah ia sepenuhnya taat pada Allah di setiap waktu. 

Beberapa orang menghadapi masalah dalam hidupnya dengan cara yang tidak dibenarkan agama. Dengan bergantung sepenuhnya kepada makhluk atau pun benda. Yang mana seharusnya seorang muslim mengetahui bahwa hanya Allah lah tempat bersandar dan meminta. Seseorang sudah membuktikan aqidah tauhidnya jika ia menggantungkan seluruh permasalahan hidupnya pada Allah.

Ketika menemui masalah dalam hidup, bukan berarti sama sekali tidak boleh meminta tolong dan bantuan kepada manusia. Hanya saja semaksimal mungkin hendaknya seseorang mengurangi ketergantungannya kepada orang lain. Karena manusia sejatinya tidak memiliki apa-apa, Allah lah yang berkuasa atas segala sesuatu.

Banyak hal yang bisa seseorang lakukan, akan tetapi hasil yang akan didapatkannya semua diserahkan kepada Allah. Yang utama adalah ia bersandar pada-Nya ketika masalah datang, bukan kepada makhluk lainnya. Dan jangan sampai seseorang merasa bisa melakukan banyak hal tanpa bantuan Allah. Manusia tetap butuh kepada bantuan-Nya sekalipun ia ahli dalam bidang tertentu.

Red. Khondoy 5074